Strategi Digital Marketing
Hallo Sobat Kampus
Sumber Youtube = https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k
Digital Marketing
Digital marketing , adalah teknologi
yang digunakan pada masa kini dalam
rangka merintis bisnis dan usaha dan sangat cocok khususnya bagi para entrepreneur yang berambisi
dan berkeinginan mendapatkan kemudahan dalam berdagang , berpromosi , dan
berkomunikasi
Mengapa digital sangat penting untuk
dipelajari ?
Melalui kutipan jean claude
junchker mengenai digital enterpreneurship “the internet and digital technology are transforming our world.
Digital technology has to be our future” dari situpun
kita bisa lihat dengan mata kita sendiri dimasa sekarang , bagaiman perilaku konsumen berubah dari konvensional ke digital dan memacu para produsen berlomba lomba untuk memenuhi kebutuhan
konsumen. nah dengan digital entrepreneurshiplah solusi didaptkan
Diera teknologi
ini , e-marketing sudahlah menjadi hal yang lumrah dan hal umum dimasyarakat
baik muda maupun dewasa , semua orang
yang berkeinginan untuk melakukan usaha
pasti selalu mempertimbangkan / bahkan memprioritaskan digital marketing dalam perencanaan
usahanya karena seperti yang tertulis di paragraf pertama
(1)Kemudahan
berdagang , dengan media digital, perdagangan bisa dilakukan dengan sangat
mudah tanpa harus bertemu secara langsung antara produsen dan konsumen. (2) Kemudahan
berpromosi, dengan endorse, pasang iklan di media sosial , promosi lebih murah
dan publikasi lebih luas. (3)Kemudahan
komunikasi , komunikasi antar produsen dan konsumen sangat mudah , lewat fitur
chat semua hal bisa dikomunikasikan disaat itu juga
Dan sayapun
tidak hanya membicarakan para calon enterprenur / pengusaha saja , melainkan semua
orang. Mengapa? sebab teknologi adalah masa depan kita. Semua orang mau tidak
mau akan terbawa arus teknologi , seandainya anda tertinggal maka percayalah
bahwa anda sebenarnya menyengsarakan diri anda sendiri
Berikut
merupakan statistik populasi , penggunaan gadget, media sosial, dan internet di
inonesia . jika anda lihat statistik diatas , pengguna mobile phone = 133%
lebih banyak daripada populasi manusias itu sendiri. Artinya arus teknologi
sudah benar benar membawa seluruh warga indonesia ke era teknologi.
Hal tersebut
bisa menjadi tantangan sekaligus peluang
bagi setiap individu ,sebagian dari mereka bisa saja hanya mengikuti
arus teknologi tanpa bisa menggunkan potensi teknologi sepenuhnya , sebagiannya
lagi yaitu orang yang menggunakan potensi teknologi tersebut secara
penuh dan meraup keuntungan lewat usaha yang mereka lakukan , orang orang
tersebut bisa dibilang sudah sepenuhnya melakukan digital marketing
Pertumbuhan dari 2019-2020
Statistik Pertumbuhan selama 2019-
2020 menunjukan pertumbuhan pengguna gadget dan media social lebih cepat
dan tinggi dari pertumbuhan populasi itu sendiri , sehingga media social
ini bisa menjadi suatu peluang dan
tantangan bagi para entrepreneur. Dengan menggunakan potensi tersebut mereka bisa meninggalkan hal
konvensional dan beralih ke digital marketing sepenuhnyha
Statistik
diatas menunjukan platform sosial media dan messenger yang digunakan oleh user
seluruh dunia , media media tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan
anda dalam ber digital marketing karena , walaupun mereka bukan e- market
seperti amazon , shopee dan tokopedia,
media media tersebut bisa digunakan untuk media komunikasi danpromosi
Berikut diagram
yang bisa anda gunakan sebagai dasar atupun standar dalam perencanaan sebuah usaha secara general
1.
Situasi analysis , menjelaskan “sekarang posisi kita ada dimana”
2.
Objektif, mau apa tujuan dalam usaha
3.
Strategi, bagaiman mencapai tujuan tersebut
4.
Tactics, cara cara untuk mencapai tujuan lebih
generic
5.
Action, dijalankan
6.
Control , cara memonitor performance, apakah semua hal diatas sudah
cukup untuk mencapai tujuuan kita , seandainya belum lihat salahnya dimana /
apa yang perlu dikembangkan
Gmbar yang ini bisa dibilang vesi rinci dri diagram sebelumnya
Lebih detail
1.
Situation Analysis
1.
Goal performance adalah goal jangka pendek yang
anda sedang kerjakandiposisi anda. Goalnya ini biasanya berhubungan juga
dengan goal perusahaan secara
keseluruhan
2.
Konsumen insight , pandangan konsumen terhadap
keberadaan kita
3.
SWOT , metode analisis perencanaan
strategis yang
digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik
lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. kekuatan (strengths),
kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dengan begitu
kita bisa analisis bisnis kita
4. brand perception , adalah hal yang dipercayai oleh
konsumen terhadap produk ataupun layanan anda bukan yang perusahaan dan
perusahaan anda katakan, brand perception ini didapatkan melalui pengalaman ,
fungsi , mulut ke mulut dan rekomendasi lewat sosial media maupun face to face
5. internal capabilities dan resources, kemampuan perusahaan
secara keseluruhan baik dari segi karyawan yang bisa dipakai maupun sumber daya
yang cukup untuk mencapai goals perusahaan anda
2.
Objektif ( where do we want to be)
Dalam objektif ini kita bisa jelas apa yang
mau kita improve diantara 5 hal berikut .
Adda 5 s dalam
digital marketing(where do we want to be)
1.
Sales, bagaiman tingkat penjualan kita
2.
Serve, value added , bagaiaman layanan yang kita berikan ke
customer apakah sudah memuaskan
3.
Sizzle, seberapa banyak konsumen yang mengunjungi kita , beda
konvensional dan digital , bisa memperpanjang / extension produk kita ke orang
lain, contoh , interaksi antar
konsumen dengan konsumen , kita dengan konsumen intinya memperluas jangkauan
kita
4.
Speak , bagaiamna kita mengkomunikasikan produk dan layanan yang
kita punya ke konsumen , apakah strategi yang kita lakukan udah mampu menarik
konsumen
5.
Save , sudah
efisienkan kita menggunakan cost , dengan media konvensional kita butuh tempat
sewa , listrik dll dalam menggunakan cost sementara dengan digital marketing
cukup dengan iklan saja , sisanya bisa dilakukan dirumah seandainya usaha anda
masih kecil , sehingga cost anda tidak akan terlalu besar dibanding metode
konvensional
3.
Strategy (How do we get there?)
1.
Segmentation, targeting and positioning
2.
OVP ( online value propositioning) , value
yang perusahaan kita unggulkan dibanding perusahaan lain
3. Sequance
(credibilitas) bagaima kita meningkatkan
kredibilitas perusahan kita dalam digital marketing, contoh ketika anda menjual
suatu produk strategi yang anda gunakan yaitu
memberikan deskripsi yang jelasmengenai produk anda , anda juga memberikan ruang bagi konsumen
untuk memberikan review mengenai produk anda , dengan begitu tanpa anda perlu
repot konsumen akan secara volunteer melakukannya , feed baik maupun buruk
sangat berguna bagi kita karena dengan begitu kita bisa mengetahui apa yang
memuaskan dan mentidakpuaskan konsumen sehingga dengan begitu bisa memberikan
kita ruang untuk terus improve produk kita dan meningkatkan credibilitas produk
dan prusahaan
4. Integration
(consisten OVP dan database)
5. Tools/ chanel
apa saja yang kita gunakan dalam digital marketing kita
4.
Tactics ( how we get there)
1.
E-marketing termasuk komunikasi mix, social
networking , apa saja yang akan kita lakukan dan , media platformny apa yang
akan kita gunaan terkait bagaimana kita menjalin komunikasi dan upaya kita
secara detail mengenai taktik, misalnya , give way , tanggal launching produk ,
kuis intinya strategi menjelaskan secara
general sedangkan tactics lebih detail
5.
Action ( detail tactics)
1.
Misalkan melakukan iklan lewat facebook ,
instagram ,atau hastag , berikut adalah aksi dari tactic yang sudah
direncanakan
6.
Control ( how do we monitor performance)
1.
Melihat performance objektif , misalkan
benarkah kita sudah memenuhi penjualan ,
benarkah kita sudah memberikan satisfication konsumen , apakah kita
sudah cukup efisien dsb Contoh konkritnya , misalkan dalam instagram dengan
followers yang ada . berapa yang melakukan pembelian, kita juga lihat strategi
kita apakah sesuai expectasi atau malah tidak sesuai , kalau tidak sesuai anda
bisa mengubah strategi anda
Terimakasih
Comments
Post a Comment