Strategi Digital Marketing

 Hallo Sobat Kampus

Sumber Youtube = https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k


Digital Marketing






 

Digital marketing , adalah teknologi yang digunakan pada masa kini  dalam rangka merintis bisnis dan usaha dan sangat cocok  khususnya bagi para entrepreneur yang berambisi dan berkeinginan mendapatkan kemudahan dalam berdagang , berpromosi , dan berkomunikasi

Mengapa digital sangat penting untuk dipelajari ?

Melalui kutipan jean claude junchker  mengenai digital enterpreneurship “the internet and digital technology are transforming our world. Digital technology has to be our future dari situpun  kita bisa lihat dengan mata kita sendiri dimasa sekarang , bagaiman perilaku konsumen berubah dari konvensional ke digital dan memacu para produsen berlomba lomba  untuk memenuhi kebutuhan konsumen. nah dengan digital entrepreneurshiplah solusi didaptkan

Diera teknologi ini , e-marketing sudahlah menjadi hal yang lumrah dan hal umum dimasyarakat baik muda maupun dewasa ,  semua orang yang berkeinginan  untuk melakukan usaha pasti selalu mempertimbangkan / bahkan memprioritaskan digital marketing dalam perencanaan usahanya karena seperti yang tertulis di paragraf pertama

(1)Kemudahan berdagang , dengan media digital, perdagangan bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa harus bertemu secara langsung antara produsen dan konsumen. (2) Kemudahan berpromosi, dengan endorse, pasang iklan di media sosial , promosi lebih murah dan publikasi  lebih luas. (3)Kemudahan komunikasi , komunikasi antar produsen dan konsumen sangat mudah , lewat fitur chat semua hal bisa dikomunikasikan disaat itu juga

Dan sayapun tidak hanya membicarakan para calon enterprenur / pengusaha saja , melainkan semua orang. Mengapa? sebab teknologi adalah masa depan kita. Semua orang mau tidak mau akan terbawa arus teknologi , seandainya anda tertinggal maka percayalah bahwa anda sebenarnya menyengsarakan diri anda sendiri


Berikut merupakan statistik populasi , penggunaan gadget, media sosial, dan internet di inonesia . jika anda lihat statistik diatas , pengguna mobile phone = 133% lebih banyak daripada populasi manusias itu sendiri. Artinya arus teknologi sudah benar benar membawa seluruh warga indonesia ke era teknologi.

Hal tersebut bisa menjadi tantangan sekaligus peluang  bagi setiap individu ,sebagian dari mereka bisa saja hanya mengikuti arus teknologi tanpa bisa menggunkan potensi teknologi sepenuhnya , sebagiannya lagi yaitu  orang yang  menggunakan potensi teknologi tersebut secara penuh dan meraup keuntungan lewat usaha yang mereka lakukan , orang orang tersebut bisa dibilang sudah sepenuhnya melakukan digital marketing

Pertumbuhan dari 2019-2020


Statistik Pertumbuhan selama 2019- 2020 menunjukan pertumbuhan  pengguna gadget dan media social lebih cepat dan tinggi dari pertumbuhan populasi itu sendiri , sehingga media social ini  bisa menjadi suatu peluang dan tantangan bagi para entrepreneur. Dengan menggunakan potensi tersebut mereka bisa meninggalkan hal konvensional dan beralih ke digital marketing sepenuhnyha


 


 

 

Statistik diatas menunjukan platform sosial media dan messenger yang digunakan oleh user seluruh dunia , media media tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam ber digital marketing karena , walaupun mereka bukan e- market seperti amazon , shopee  dan tokopedia, media media tersebut bisa digunakan untuk media komunikasi danpromosi

 


 

Berikut diagram yang bisa anda gunakan sebagai dasar atupun standar  dalam perencanaan sebuah usaha secara general

1.    Situasi analysis , menjelaskan “sekarang posisi kita ada dimana”

2.    Objektif, mau apa tujuan dalam usaha

3.    Strategi, bagaiman mencapai tujuan tersebut

4.    Tactics, cara cara untuk mencapai tujuan lebih generic

5.    Action, dijalankan

6.    Control , cara memonitor performance, apakah semua hal diatas sudah cukup untuk mencapai tujuuan kita , seandainya belum lihat salahnya dimana / apa yang perlu dikembangkan


 

Gmbar yang ini bisa dibilang vesi rinci dri diagram sebelumnya

Lebih detail

1.   Situation Analysis

1.    Goal performance adalah goal jangka pendek yang anda sedang kerjakandiposisi anda. Goalnya ini biasanya berhubungan juga dengan  goal perusahaan secara keseluruhan

2.    Konsumen insight , pandangan konsumen terhadap keberadaan kita

3.    SWOT , metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dengan begitu kita bisa analisis bisnis kita

4.    brand perception , adalah hal yang dipercayai oleh konsumen terhadap produk ataupun layanan anda bukan yang perusahaan dan perusahaan anda katakan, brand perception ini didapatkan melalui pengalaman , fungsi , mulut ke mulut dan rekomendasi lewat sosial media maupun face to face

5.    internal capabilities dan resources, kemampuan perusahaan secara keseluruhan baik dari segi karyawan yang bisa dipakai maupun sumber daya yang cukup untuk mencapai goals perusahaan anda

 

 

 

 

2.    Objektif ( where do we want to be)

Dalam objektif ini kita bisa jelas apa yang mau kita improve diantara 5 hal berikut .

Adda 5 s dalam digital marketing(where do we want to be)

1.    Sales, bagaiman tingkat penjualan kita

2.    Serve, value added , bagaiaman layanan yang kita berikan ke customer apakah sudah memuaskan

3.    Sizzle, seberapa banyak konsumen yang mengunjungi kita , beda konvensional dan digital , bisa memperpanjang / extension produk kita ke orang lain, contoh , interaksi antar konsumen dengan konsumen , kita dengan konsumen intinya memperluas jangkauan kita  

4.    Speak , bagaiamna kita mengkomunikasikan produk dan layanan yang kita punya ke konsumen , apakah strategi yang kita lakukan udah mampu menarik konsumen

5.    Save , sudah efisienkan kita menggunakan cost , dengan media konvensional kita butuh tempat sewa , listrik dll dalam menggunakan cost sementara dengan digital marketing cukup dengan iklan saja , sisanya bisa dilakukan dirumah seandainya usaha anda masih kecil , sehingga cost anda tidak akan terlalu besar dibanding metode konvensional

3.    Strategy (How do we get there?)

1.  Segmentation, targeting and positioning

2.  OVP ( online value propositioning) , value yang perusahaan kita unggulkan dibanding perusahaan lain

3.  Sequance (credibilitas) bagaima kita  meningkatkan kredibilitas perusahan kita dalam digital marketing, contoh ketika anda menjual suatu produk strategi yang anda gunakan yaitu  memberikan deskripsi yang jelasmengenai produk anda ,  anda juga memberikan ruang bagi konsumen untuk memberikan review mengenai produk anda , dengan begitu tanpa anda perlu repot konsumen akan secara volunteer melakukannya , feed baik maupun buruk sangat berguna bagi kita karena dengan begitu kita bisa mengetahui apa yang memuaskan dan mentidakpuaskan konsumen sehingga dengan begitu bisa memberikan kita ruang untuk terus improve produk kita dan meningkatkan credibilitas produk dan prusahaan

4.  Integration (consisten OVP dan database)

5.  Tools/ chanel apa saja yang kita gunakan dalam digital marketing kita

4.    Tactics ( how we get there)

1.  E-marketing termasuk komunikasi mix, social networking , apa saja yang akan kita lakukan dan , media platformny apa yang akan kita gunaan terkait bagaimana kita menjalin komunikasi dan upaya kita secara detail mengenai taktik, misalnya , give way , tanggal launching produk , kuis  intinya strategi menjelaskan secara general sedangkan tactics lebih detail

5.    Action ( detail tactics)

1.  Misalkan melakukan iklan lewat facebook , instagram ,atau hastag , berikut adalah aksi dari tactic yang sudah direncanakan

 

6.    Control ( how do we monitor performance)

1.  Melihat performance objektif , misalkan benarkah kita sudah memenuhi penjualan ,  benarkah kita sudah memberikan satisfication konsumen , apakah kita sudah cukup efisien dsb Contoh konkritnya , misalkan dalam instagram dengan followers yang ada . berapa yang melakukan pembelian, kita juga lihat strategi kita apakah sesuai expectasi atau malah tidak sesuai , kalau tidak sesuai anda bisa mengubah strategi anda

 

Terimakasih

 

Comments

Popular posts from this blog

Fantasy Novel Part 2

5 Novel Populer Karya Indonesia