Wirausaha Digital

kenapa Kamu Pelu Jadi Wirausahawan Digital




Halo sahabat kampus dimasa pandemi ini sering banget muncul wirausaha digital di sekitar kita ya,bermuncul para wirausaha digital menimbulkan rasa ingin tahu 
Kita yang tinggi mengenai hal tersebutn. Nah berikut saya kumpulkan informasi terkait wirausaha digital

1.  Apa dan siapa wirausaha digital

      Senyatanya visi negara Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai negara digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara di tahun 2020 menjadi acuannya, dengan tak terduga juga diganggu secara global oleh pendemi covid19. 

    Pemerintah sudah melakukan satu fokus-nya yaitu penguatan pelaku usaha lokal dimana meliputi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah/UMKM dan Startup lokal. Dan maka pemerintah terus melakukan intervensi guna memberikan kepastian serta perlindungan hukum tanpa mematikan inovasi, serta diperlukannya gerakan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

    Di masa mendatang, bisnis belanja online diprediksi terus tumbuh subur di Indoneisa hingga beberapa tahun mendatang. Riset Bain & Company dan Facebook 2020 menyebutkan, sektor belanja online di Indonesia diprediksi tumbuh 3,7 kali lipat menjadi US$ 48,3 miliar di 2025 dibanding US$13,1 miliar pada 2017. 

    Perusahaan riset mengungkapkan terdapat sejumlah faktor yang mendorong pertumbuhan belanja online. Pertama, kemampuan daya beli masyarakat semakin meningkat, terutama di kelas menengah. Riset tersebut mencatat konsumen digital di Indonesia tumbuh dari 64 juta atau sekitar 34% dari total populasi 2017 menjadi 102 juta atau 53% terhadap total populasi 2018. Faktor kedua, penggunaan akses internet yang juga terus bertumbuh beberapa tahun terakhir. Saat ini, akses pengguna internet sudah sekitar 70% di Indonesia.

    Saat ini terlebih ketika pandemi covid19 mengguncang dunia diberbagai bidang, senyatanya tidak ada organisasi yang mampu mengingkari kekuartan teknologi di dunia modern.

     Sistem teknologi informasi saat ini dapat membantu suatu bisnis untuk menjadi lebih responsif, efisien, dan fleksibel dalam wujud perubahan yang cepat dan berkelanjutan. Pemanfaatan teknologi informasi yang tepat akan membuat suatu perusahaan mempercepat proses dan fokus pada inti keahlian dan kemampuan yang membedakannya dari pesaingnya di pasaran.

    Kegagalan merangkul kesempatan yang ditawarkan teknologi informasi dapat menyebabkan kegagalan bisnis. Menggunakan kekuatan dari sistem teknologi informasi modern untuk mengambil manfaat terbaiknya merupakan keahlian strategis yang telah menjadi persyaratan penting jika suatu organisasi tetap ingin mengungguli pesaing-pesaingnya. 

    Teknologi informasi memenuhi banyak fungsi dalam suatu organisasi termasuk proses otomatis dan manajemen sistem; tetapi bagi para manajer, peran kuncinya adalah untuk memberdayakan teknologi. Manajer harus memilih dan menggunakan sistem teknolohi informasi untuk berkomunikasi dengan lebih efisien untuk menyederhanakan proses bisnis

 

    Wirausaha digital menurut Sussan and Acs (2017) agen yang melakukan kegiatan komersial atau sosial baik pemerintah maupun industriyang menggunakan teknologi digital. Menariknya terdapat peluang pebisnis milenial di perguruan tinggi memiliki semua ciri-ciri sebagai wirausah digital, dan mereka harus didorong untuk mengembangkan usaha digital secara inovatif baik secara produk, distribusi maupun tempat kerja yang berbasis internet untuk mencari pangsa tertentu dan peluang pasar.

    Wirausaha digital adalah fenomena yang muncul melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Guthrie (2014) menyatakan usaha digital adalah penjualan produk atau jasa melalui jejaring elektronik. Ekonomi digital membuka peluang bagi para wirausaha untuk menciptakan area bisnis yang berbeda melalui model perdagangan elektronik (Turban et al., 2008). 

    Wirausaha digital juga telah menarik minta usaha para pebisnis milenal khususnya di perguruan tinggi (Farani et al.,2017). Namun potensi wirausaha digital dari pebisnis milenial tentunya perlu dikembangkan dari berbagai pihak. Pihak yang berperan besar adalah pemerintah, perguruan tinggi dan industri. Triple Helix inilah sebagai organisasi yang paling kondusif dalam mengembangkan inovasi.

    Kegiatan pengembangan usaha digital harus dilakukan baik oleh pemerintah, perguruan tinggi dan industry melalui pusat pengembangan usaha atau disebut dengan inkubator bisnis. Selanjutnya untuk proses pengembangan wirausaha digital diawali dari tahap usaha pemula (start-up) yang mengembangkan ide awal untuk mendapatkan hasil dari kerja kerasnya. Terdapat tiga tahap dalam pengembangan usaha digital yaitu tahap pengembangan ide, kemudian pengembangan usaha pemula selanjutnya manajemen usaha.

    Bersama pemerintah dan industri, perguruan tinggi memiliki peran sangat besar dalam mengembangkan teknologi, termasuk dalam hal pembaharuan industri. Perguruan Tinggi pun harus berperan dalam hal pendidikan kewirausahaan, riseat dan pengembangan inovasi.

    Dari situ kita bisa simpulkan kalau siapa wirausaha digital ,yaitu semua orang dari berbagai kalangan yang mampu memulai usaha baik dengan menggunakan situs online sebagai wadah usaha atau melakukan start up dengan team dan membuat wadah baru sebagai tempat yg bisa digunakan oleh  untuk orang orang untuk beraktivitas yang kemudian akan menghasilkan pendapatan

 2.  Mengapa wirausah digital itu penting

    Munculnya kewirausahaan teknologi digital telah memberikan dampak yang luar biasa di dunia. Usaha digital yang dibangun melalui jejaring internet seperti Google, Facebook, atau Microsoft telah mampu mengubah dunia serta telah membentuk pola komunikasi tanpa sekat geografis. Digitalisasi juga berdampak terhadap pengembangan wirausaha baru, potensi pengembangan usaha baru meningkat karena adanya peluang digitalisasi cabang usaha maupun mengubah usaha dari offline menjadi online.

     Salah satu hal yang menyulitkan wirausaha untuk memperluas dan memperkenalkan usaha dan produknya secara meluas adalah customer, kita semua tau kalau mencari customer itu tidak semudah yang kita kira, contohnya iklan ,baik dari biaya yg diperlukan untuk  jangkauan yang lebih luas seperti iklan tv,radio,koran dll ,sulitnya pelanggan menilai secara objektif karena tidak tau apakah yg diiklankan sesuai dengan harapan atau bagaimana penjual tau demand pelanggan semua sudah ditemukan solusinya dengan wirausaha digital.

    mulai dari ikan yg mudahnya,komunikasi dengan konsumen,review,iklan,mencari informasi pesaing,kondisi lingkungan apakah cocok untuk dijadikan tempat usaha dll . Semua hal sudah lebih mudah dengan wirausaha digital ini ,tulah mengapa wirausaha sangat digital penting di zaman teknologi ini jika ingin sukses dalam berusaha

3. Peluang dan tantangan

    Banyak sekali peluang dan kesempatan yang hadir dalam wirausaha digital bagi semua kalangan baik pemula usaha maupun pengusaha yang sudah berpengalaman. Bagi pemula kita bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah melalui google tentang bagaimana cara memulai usaha sampai hal hal yang hanya bisa didapatkan melalui pengalaman saja,para wirausaha juga bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia untuk menjalankan usahamya dengan baik mulai dari ,pencarian tempat usaha ,pencatatan dan pelaporan keuangan ,analisis usaha ,komunikasi dengan pelanggan ,periklanan usaha dll semua bisa didapatkan dengan mudah

    Bisnis digital membutuhkan perencanaan yang baik dalam mengatasi permasalahan yang terjadi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah, kalian harus mengetahui masalah yang biasanya sering dihadapi. Contoh

    Indikator penilaian perusahaan yang ketinggalan zaman ,Tidak ada peremajaan dalam organisasi perusahaan ,strategi yang salah Ada perusahaan yang menerapkan strategi untuk jangka pendek saja sehingga, mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk jangka menengah dan jangka Panjang ,Kurang inovasi -Inovasi erat kaitannya dengan era digital. 

    Jika minim inovasi, maka perusahaan akan berjalan dengan sulit karena, mereka tidak dapat melakukan yang terbaik, Tidak ada tenaga professional di bidangnya -Kurang SDM dalam bidang teknologi membuat perusahaan tidak bisa mencapai target yang diinginkan sehingga, hal ini dapat menyulitkan langkah perusahaan guna menjangkau konsumer dll

4. Kompetensi apa yang harus anda miliki jika ingin menjadi wirausaha digital

       Paling tidak jika tidak mengerti bagaimana menggunakan teknologi ,orang tersebut punya uang untuk meyewa jasa orang. Memiliki sifat yang selalu siap dengan segala macam perubahan dan kemajuan teknologi, selalu update ,sabar ,tekun ,rajin ,dan bertanggung jawab. Selain itu calon wirausa digital juga harus memiliki modal atau tau cara mencari pemodal ,memilki strategi matang dan kesiapan menjalankan usaha baik mulai dari pendirian usaha ,penjalanan usaha, kendala2 yang akan dihadapi ,dan kalau ada kemungkinan bangkrut atau tutup

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fantasy Novel Part 2

Strategi Digital Marketing

5 Novel Populer Karya Indonesia