Wirausaha Digital
kenapa Kamu Pelu Jadi Wirausahawan Digital
Pemerintah sudah melakukan satu fokus-nya yaitu penguatan
pelaku usaha lokal dimana meliputi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah/UMKM dan
Startup lokal. Dan maka pemerintah terus melakukan intervensi guna memberikan
kepastian serta perlindungan hukum tanpa mematikan inovasi, serta diperlukannya
gerakan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.
Di masa mendatang, bisnis belanja online diprediksi terus tumbuh subur di Indoneisa hingga beberapa tahun mendatang. Riset Bain & Company dan Facebook 2020 menyebutkan, sektor belanja online di Indonesia diprediksi tumbuh 3,7 kali lipat menjadi US$ 48,3 miliar di 2025 dibanding US$13,1 miliar pada 2017.
Perusahaan riset mengungkapkan terdapat
sejumlah faktor yang mendorong pertumbuhan belanja online. Pertama, kemampuan
daya beli masyarakat semakin meningkat, terutama di kelas menengah. Riset
tersebut mencatat konsumen digital di Indonesia tumbuh dari 64 juta atau
sekitar 34% dari total populasi 2017 menjadi 102 juta atau 53% terhadap total
populasi 2018. Faktor kedua, penggunaan akses internet yang juga terus
bertumbuh beberapa tahun terakhir. Saat ini, akses pengguna internet sudah
sekitar 70% di Indonesia.
Saat ini terlebih ketika pandemi covid19 mengguncang dunia diberbagai bidang, senyatanya tidak ada organisasi yang mampu mengingkari kekuartan teknologi di dunia modern.
Sistem teknologi informasi
saat ini dapat membantu suatu bisnis untuk menjadi lebih responsif, efisien,
dan fleksibel dalam wujud perubahan yang cepat dan berkelanjutan. Pemanfaatan
teknologi informasi yang tepat akan membuat suatu perusahaan mempercepat proses
dan fokus pada inti keahlian dan kemampuan yang membedakannya dari pesaingnya
di pasaran.
Kegagalan merangkul kesempatan yang ditawarkan teknologi informasi dapat menyebabkan kegagalan bisnis. Menggunakan kekuatan dari sistem teknologi informasi modern untuk mengambil manfaat terbaiknya merupakan keahlian strategis yang telah menjadi persyaratan penting jika suatu organisasi tetap ingin mengungguli pesaing-pesaingnya.
Teknologi informasi
memenuhi banyak fungsi dalam suatu organisasi termasuk proses otomatis dan
manajemen sistem; tetapi bagi para manajer, peran kuncinya adalah untuk
memberdayakan teknologi. Manajer harus memilih dan menggunakan sistem teknolohi
informasi untuk berkomunikasi dengan lebih efisien untuk menyederhanakan proses
bisnis
Wirausaha digital menurut Sussan and Acs (2017)
agen yang melakukan kegiatan komersial atau sosial baik pemerintah maupun
industriyang menggunakan teknologi digital. Menariknya terdapat peluang
pebisnis milenial di perguruan tinggi memiliki semua ciri-ciri sebagai wirausah
digital, dan mereka harus didorong untuk mengembangkan usaha digital secara
inovatif baik secara produk, distribusi maupun tempat kerja yang berbasis
internet untuk mencari pangsa tertentu dan peluang pasar.
Wirausaha digital adalah fenomena yang muncul melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Guthrie (2014) menyatakan usaha digital adalah penjualan produk atau jasa melalui jejaring elektronik. Ekonomi digital membuka peluang bagi para wirausaha untuk menciptakan area bisnis yang berbeda melalui model perdagangan elektronik (Turban et al., 2008).
Wirausaha digital juga telah menarik minta usaha para
pebisnis milenal khususnya di perguruan tinggi (Farani et al.,2017). Namun
potensi wirausaha digital dari pebisnis milenial tentunya perlu dikembangkan
dari berbagai pihak. Pihak yang berperan besar adalah pemerintah, perguruan
tinggi dan industri. Triple Helix inilah sebagai organisasi yang paling
kondusif dalam mengembangkan inovasi.
Kegiatan pengembangan usaha digital harus
dilakukan baik oleh pemerintah, perguruan tinggi dan industry melalui pusat
pengembangan usaha atau disebut dengan inkubator bisnis. Selanjutnya untuk
proses pengembangan wirausaha digital diawali dari tahap usaha pemula
(start-up) yang mengembangkan ide awal untuk mendapatkan hasil dari kerja
kerasnya. Terdapat tiga tahap dalam pengembangan usaha digital yaitu tahap
pengembangan ide, kemudian pengembangan usaha pemula selanjutnya manajemen
usaha.
Bersama pemerintah dan industri, perguruan
tinggi memiliki peran sangat besar dalam mengembangkan teknologi, termasuk
dalam hal pembaharuan industri. Perguruan Tinggi pun harus berperan dalam hal
pendidikan kewirausahaan, riseat dan pengembangan inovasi.
Dari situ kita bisa simpulkan kalau siapa wirausaha
digital ,yaitu semua orang dari berbagai kalangan yang mampu memulai usaha baik
dengan menggunakan situs online sebagai wadah usaha atau melakukan start up
dengan team dan membuat wadah baru sebagai tempat yg bisa digunakan oleh untuk orang orang untuk beraktivitas yang kemudian
akan menghasilkan pendapatan
Munculnya kewirausahaan teknologi digital telah
memberikan dampak yang luar biasa di dunia. Usaha digital yang dibangun melalui
jejaring internet seperti Google, Facebook, atau Microsoft telah mampu mengubah
dunia serta telah membentuk pola komunikasi tanpa sekat geografis. Digitalisasi
juga berdampak terhadap pengembangan wirausaha baru, potensi pengembangan usaha
baru meningkat karena adanya peluang digitalisasi cabang usaha maupun mengubah
usaha dari offline menjadi online.
mulai dari
ikan yg mudahnya,komunikasi dengan konsumen,review,iklan,mencari informasi pesaing,kondisi
lingkungan apakah cocok untuk dijadikan tempat usaha dll . Semua hal sudah lebih
mudah dengan wirausaha digital ini ,tulah mengapa wirausaha sangat digital
penting di zaman teknologi ini jika ingin sukses dalam berusaha
3. Peluang dan tantangan
Banyak sekali peluang dan kesempatan yang hadir
dalam wirausaha digital bagi semua kalangan baik pemula usaha maupun pengusaha
yang sudah berpengalaman. Bagi pemula kita bisa mendapatkan informasi dengan
sangat mudah melalui google tentang bagaimana cara memulai usaha sampai hal hal
yang hanya bisa didapatkan melalui pengalaman saja,para wirausaha juga bisa memanfaatkan
berbagai fasilitas yang tersedia untuk menjalankan usahamya dengan baik mulai
dari ,pencarian tempat usaha ,pencatatan dan pelaporan keuangan ,analisis usaha
,komunikasi dengan pelanggan ,periklanan usaha dll semua bisa didapatkan dengan
mudah
Bisnis
digital membutuhkan perencanaan yang baik dalam mengatasi permasalahan yang
terjadi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah, kalian harus mengetahui
masalah yang biasanya sering dihadapi. Contoh
Indikator penilaian perusahaan yang ketinggalan zaman ,Tidak ada peremajaan dalam organisasi perusahaan ,strategi yang salah Ada perusahaan yang menerapkan strategi untuk jangka pendek saja sehingga, mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk jangka menengah dan jangka Panjang ,Kurang inovasi -Inovasi erat kaitannya dengan era digital.
Jika minim inovasi, maka perusahaan akan berjalan dengan
sulit karena, mereka tidak dapat melakukan yang terbaik, Tidak ada tenaga
professional di bidangnya -Kurang SDM dalam bidang teknologi membuat perusahaan
tidak bisa mencapai target yang diinginkan sehingga, hal ini dapat menyulitkan
langkah perusahaan guna menjangkau konsumer dll
4. Kompetensi apa yang harus anda miliki jika
ingin menjadi wirausaha digital
Paling tidak jika tidak mengerti bagaimana
menggunakan teknologi ,orang tersebut punya uang untuk meyewa jasa orang.
Memiliki sifat yang selalu siap dengan segala macam perubahan dan kemajuan
teknologi, selalu update ,sabar ,tekun ,rajin ,dan bertanggung jawab. Selain
itu calon wirausa digital juga harus memiliki modal atau tau cara mencari pemodal
,memilki strategi matang dan kesiapan menjalankan usaha baik mulai dari pendirian
usaha ,penjalanan usaha, kendala2 yang akan dihadapi ,dan kalau ada kemungkinan
bangkrut atau tutup
good job!
ReplyDeletekeren banget
ReplyDelete